Analisis Sentimen Dengan Metode Naïve Bayes Terhadap Ulasan Hotel New Saphir Yogyakarta Pada Platform Tripadvisor

Authors

  • Dede Brahma Arianto Universitas Faletehan

Keywords:

sentiment analysis, naive bayes, scraping, machine learning

Abstract

Salah satu pondasi yang mendukung pembangunan sektor pariwisata adalah industri perhotelan. Saat ini beberapa hotel telah mengikuti perkembangan teknologi dengan menggunakan platform digital online. Tripadvisor menjadi platform yang banyak digunakan sebagai pilihan pelanggan dalam mencari, memesan hingga memberikan ulasan pada hotel. Hotel New Sahpir Yogyakarta merupakan salah satu hotel terbaik dan memiliki rating kinerja hotel yang cukup tinggi di situs Tripadvisor. Akan tetapi, pihak hotel membutuhkan data yang kuat yang menunjukkan data valid mengenai komentar hotel secara ringkas dan cepat. Maka dari itu, dilakukan analisis sentimen komentar pelanggan untuk mengetahui seberapa banyak data yang positif dan negatif. Analisis ini mengumpulkan dataset yang berjumlah 118 baris data bersumber. Dataset yang terkumpul kemudian dilakukan pemodelan analisis sentimen dengan metode Naïve Bayes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja model Naïve Bayes memiliki nilai akurasi sebesar 92%. Maka, dapat disimpulkan bahwa model dapat memprediksi sentimen ulasa dengan baik.

Published

2025-06-30

Issue

Section

##section.default.title##