Penggunaan Memory Game dalam Pembelajaran Sharaf

Authors

  • Rozana El-Imani UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muassomah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

memory game, sharaf, madrasah diniyah

Abstract

Penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan memory game dalam pembelajaran sharaf di MDT Ula Asy-Syafi’iyyah At-Tijaniyyah serta kelebihan dan kekurangan penggunaannya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Ula Asy-Syafi’iyyah At-Tijaniyyah. Subjek penelitian ini terdiri dari 37 siswa kelas 2.  Peneliti mengumpulkan data melalui teknik wawancara dan observasi. Peneliti menggunakan teori Miles dan Huberman untuk teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan memory game dalam pembelajaran sharaf di MDT Ulya Asy-Syafi’iyyah At-Tijaniyyah terdiri dari empat proses pelaksanaan, yaitu (1) Guru memberikan materi, (2) Guru menempelkan media memory game di papan tulis dan membagi siswa menjadi 2 kelompok, (3) Siswa belajar menggunakan memory game, dan (4) Guru mengecek kembali pemahaman siswa. Penggunaan memory game memiliki 3 kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya. Adapun kelebihannya yaitu (1) Materi dapat dengan mudah dicerna dan diingat, (2) meningkatkan semangat dan perhatian siswa, (3) Siswa menjadi lebih fokus. Adapun kekurangannya yaitu (1) Guru harus memiliki keuletan dan kesabaran serta kreatifitas dalam pembuatan memory game, (2) Memory game lebih berpotensi rusak, dan (3) Penggunaanya kurang efektif untuk kelas yang jumlah siswanya banyak.

Downloads

Published

15-08-2025 — Updated on 06-11-2025

Issue

Section

Articles